Content Management System

Seiring dengan meningkatnya penggunaan internet, maka website adalah media yang sangat efektif bagi suatu institusi untuk menunjukkan keeksisannya. Saat ini telah banyak bermunculan website institusi seperti website sekolah, perguruan tinggi, perusahaan, maupun institusi lainnya.

Salah satu kendala dalam pembangunan website adalah kurangnya kompetensi dalam bidang pemrograman web. Content Management System (CMS) merupakan solusi hal ini. CMS memungkinkan kita membangun suatu website tanpa perlu memiliki kompetensi dalam bidang pemrograman web. Dengan menggunakan CMS, kita dapat membangun website hanya dalam hitungan menit. Selanjutnya kita tinggal memodifikasi ataupun menambah fitur yang kita inginkan.

Beberapa CMS yang sering digunakan untuk membangun website institusi:

  1. Joomla, contohnya http://dap.comlabs.itb.ac.id
  2. WordPress, contohnya http://www.itb.ac.id
Ditulis dalam CMS. Tag: . 3 Comments »

3 Tanggapan to “Content Management System”

  1. Donny Reza Says:

    What?! Kok saya baru nyadar kalau website nya itb pake wordpress ya?! Kirain develop sendiri gitu…:)) Saya belum nemu CMS buatan orang Indonesia nih, kalau pun ada, biasanya tidak sekompleks WordPress. Barangkali karena orang indonesia agak sulit berbagi ya kalau soal source code?! Saya dari dulu pengen bikin CMS sendiri pake PHP, gk jadi-jadi….kalah sama males :))

    Website ITB, dan juga website-website fakultas maupun prodi di ITB, wajib memenuhi standard website. Yaitu menggunakan wordpress dan template ITB.
    Ada kok mas CMS buatan anak Indonesia, seperti AuraCMS dan Endonesia. Tapi memang tidak begitu kompleks sih.

  2. Indz Says:

    @m.donny reza
    Brarti kustomisasi desainnya cukup baik sampe ada yang tidak tahu engine nya itb. hehe.
    @mb.rita
    Oo,baru nyadar pula, staf comlabs wajib punya blog edukasi ya? Wah, bagus2đŸ™‚

    iya, memang sih…

  3. Ardee'est Things In My Life Says:

    oh… ada mas Donny… dulu kan bedeng dot com sempet jadi ‘basecamp’nya cms yang namanya bedeng. Trus ada kapunduang, JAF CMS, Jetbox CMS, endonesia. Minggu lalu ada pameran ITB Expo, saya juga baru tahu kalo ternyata anak-anak informatika ITB tiap tahun ada tugas bikin CMS per kelompok…
    Memang, sayangnya banyak yang nggak kepublish…
    Sebenarnya saya pake domain CMSKU.ORG pengen bikin situs katalog CMS lokal… cuma keasyikan ngeblog jadi belum dikongkritin. Selain juga lagi ngejar TA nih.

    Iya gitu ada tugas bikin CMS? Kalau aku mah angkatan tua, dulu belum ada tugas bikin CMS. Gak tau ya sekarang, tanyakan aja pada yang lebih muda, seperti mbak IndzđŸ™‚


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: