E-Learning

E-Learning berarti pengajaran atau pembelajaran jarak jauh. Pengajaran ini bisa disampaikan melalui media internet, Intranet, satelit, tape audio/video, TV interaktif dan CD-ROM. Penyampaian materi bisa secara ‘synchronously’ (pada waktu yang sama) ataupun ‘asynchronously’ (pada waktu yang berbeda). Materi pengajaran dan pembelajaran yang disampaikan melalui media ini mempunyai teks, grafik, animasi, simulasi, audio dan video. Ia juga harus menyediakan kemudahan untuk ‘discussion group’ dengan bantuan profesional dalam bidangnya.

Dalam pembelajaran ‘e-learning’ fokus utamanya adalah pelajar. Pelajar mandiri pada waktu tertentu dan bertanggung-jawab untuk pembelajarannya. Suasana pembelajaran ‘e-learning’ akan ‘memaksa’ pelajar memainkan peranan yang lebih aktif dalam pembelajarannya. Pelajar membuat perancangan dan mencari materi dengan usaha, dan inisiatif sendiri.

Secara garis besar untuk mengimplementasikan e-Learning diperlukan penyiapan dari sisi infrastruktur berupa perangkat server, komputer dan jaringan yang digunakan sebagai media untuk mengimplementasikan learning management system dan penyimpanan file konten bahan ajar yang dapat diakses oleh siswa.

Untuk itu diperlukan pengembangan kapasitas sumber daya manusia yang berperan sebagai pengelola, pengembang konten, administrasi, dan staf dukungan teknis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: